CILAD UNISSULA BAHAS AGENDA KERJA SAMA DENGAN KEMENTRIAN PADA WORKSHOP NASIONAL FILBA

Makassar, Sulawesi Selatan.

 

 

WhatsApp Image 2019-09-20 at 11.09.21

CILAD UNISSULA atau UPT Pengembangan Bahasa Internasional UNISSULA, melalui Mohammad Noor Zuhri, S.Pd., M.Pd. berpartisipasi dalam workshop nasional FILBA (Forum Institusi Layanan Bahasa) di Universitas Muhammadiyah Makassar. Acara yang dilaksanakan pada 17-21 September 2019 tersebut membahas berbagai macam persoalan terkait dengan institusi layanan kebahasaan (Pusat Bahasa), salah satunya adalah bidang kerja sama.

 

Dalam sidang divisi kerja sama, para peserta membahas tentang proyeksi kerja sama dan aksi realisasinya ke depan. Salah satunya adalah bekerja sama dengan Kementrian Hukum dan HAM, Kementrian Ketenagakerjaan, dan Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

 

“Akan ada penjajakan kerja sama FILBA dengan Kemenkumham, terkait dengan layanan penerjemahan tersumpah yang sempat berhenti”. Ucap Zuhri

 

Kerja sama dengan Kemenaker juga akan dijajaki terkait dengan SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia) untuk Tutor Bahasa di lingkungan Pusat Bahasa.

 

Kemenristekdikti melalui Dirjen BELMAWA juga rencananya akan disambangi sebagai langkah untuk mengkoordinasikan posisi Pusat Bahasa dalam Perguruan Tinggi.

“Kami berharap, FILBA ini nantinya dapat dipayungi dan didukung oleh Kemenristekdikti mengingat Pusat Bahasa memegang peran yang sangat penting sebagai supporting unit di Perguruan Tinggi.” Tutup Zuhri.

WhatsApp Image 2019-09-20 at 11.09.38

Sebelumnya, Joko Priyono, Ph.D, sebagai ketua FILBA menyampaikan dalam sambutannya, workshop FILBA ini bertujuan untuk membahas teknis kegiatan atau tindaklanjut program kerja ke depan yang mencakup divisi pelatihan Bahasa, uji kemahiran Bahasa,  standardisasi, penerjemahan, kerja sama, serta kelembagaan. Selain itu, pada kesempatan tersebut Dosen yang juga menjadi kepala Pusat Bahasa Universitas Negeri Yogyakarta tersebut juga melantik pengurus FILBA wilayah timur.

 

-Zhr-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *