BUAT TROBOSAN: CILAD UNISSULA INISIASI UJI TOEFL PREDICTION BERBASIS CBT SECARA DARING JARAK JAUH

IMG-20200512-WA0015

Semarang(12/5/20). Cilad Unissula membuat terobosan baru dengan melaksanakan uji TOEFL Prediction berbasis Computer Based Test secara daring jarak jauh. Uji TOEFL Prediction merupakan salah satu persyaratan penyelesaian studi bagi mahasiswa UNISSULA dengan skor min. 450 untuk jenjang Sarjana dan Magister, serta 500 untuk jenjang Doktor.
“Inisiasi ini diambil sebagai bentuk kepedulian disituasi pandemi yang mengejar wisuda pada semester ini namun belum mencukupi syarat untuk wisuda. Tentunya ini sudah melalui proses Panjang sebelumnya fit and proper testnya, dan juga trial serta improvement nya” Papar Mohammad Noor Zuhri, Kepala Cilad Unissula.

Uji TOEFL Prediction berbasis CBT secara daring jarak jauh perdana dilaksanakan pada Jumat (1/5/20) dengan memanfaatkan kombinasi aplikasi Cilad CBT platform dan Zoom. Pada sesi pertama, sebanyak 24 orang mahasiswa tingkat akhir mengikuti ujian. Hingga saat ini ada 641 mahasiswa telah terfasilitasi untuk ujian TOEFL Prediction berbasis CBT secara daring jarak jauh.

Zuhri menambahkan, kebijakan ini ditetapkan sebagai upaya dalam menjaga mutu lulusan Unissula.

“Meski dalam situasi sulit seperti ini, kami tetap berikhtiar dengan penerapan Ujian berbasis CBT ini diharapkan bisa menjaga kualitas lulusan Unissula serta memfasilitasi mahasiswa untuk menyelesaikan urusan akademiknya sehingga bisa segera mampu meraih kesuksesan saat mengabdi dan berkarir di tengah masyarakat serta ikut andi untuk membangun generasi khaira ummah”, ungkapnya.

Selain alasan di atas, hal lainnya yang mendorong diberlakukannya ujian CBT secara daring jarak jauh adalah untuk memberikan pengalaman bagi mahasiswa yang sudah akrab dengan kemajuan teknologi dalam mengoperasikan aplikasi ujian berbasis CBT sebagaimana yang sudah digunakan pada berbagai seleksi penerimaan pegawai baik di instansi pemerintah maupun swasta.

Uji TOEFL Prediction berbasis CBT secara daring jarak jauh masih akan dilanjutkan pada beberapa sesi berikutnya khusus bagi mahasiswa yang tengah menjalani proses penyelesaian studi dan akan mengikuti wisuda pada periode ini. *(lzm)


 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *