Layanan

Jenis Layanan

1. Cetak Sertifikat EPT (English Proficiency Test)

Sertifikat EPT merupakan sertifikat yang diperoleh oleh klien yang dinyatakan lulus setelah mengikut program EPT baik reguler maupun non-reguler yang diselenggarakan oleh UPT Pengembangan Internasional.

2.     Cetak Sertifikat TBI (Tutorial Bahasa Inggris)

Sertifikat TBI merupaat sertifikat yang diperoleh oleh mahasiswa UNISSULA yang dinyatakan lulus setelah mengikut program TBI di semester 3 yang diselenggarakan oleh UPT Pengembangan Internasional.

3.  Legalisir sertifikat EPT (English Proficiency Test)

Legalisir sertifikat EPT adalah pengesahan lembar Salinan dari sertifikat EPT yang asli dengan membubuhkan cap UPT Pengembanga Internasional dan tanda tangan kepala UPT Pengembangan Internasional.

4.  Cetak surat keterangan pengganti sertifikat EPT

Surat keterangan pengganti sertifikat EPT merupakan surat yang berfugsi sebagai dokumen pengganti bagi mahasiswa UNISSULA yang tidak lulus ujian EPT setelah 2 kali mengikuti ujian EPT yang diselenggarakan oleh UPT Pengembangan Internasional.


Jenis Dokumen dan Alur Layanan

UPT Pengembangan Bahasa Internasional saat ini menyediakan dua jenis dokumen yang dapat diminta oleh klien yaitu cetak dokumen hardfile dan softfile untuk semua jenis layanan pada poin A. Berikut detail jenis dokumen tersebut :

Hardfile
Softfile

Jenis layanan dokumen hardfile adalah layanan berupa dokumen cetak langsung pada media kertas (sesuai tamplate dan ketentuan kertas dari UPT Pengebangan Bahasa Indonesia) yang akan klien dapatkan dengan datang dan mengambil dokumen tersebut secara langsung ke loket untuk beberapa jenis layanan yang disediakan.

Alur Layanan

1.     Hardfile

  • Loket UPT Pengembangan Bahasa Internasional yang berlokasi di Gd. Ibnu Shina Lt.2 Kampus Unissula membuka layanan offline setiap hari Senin – Kamis pukul 09:00 – 15:00 dan istirahat pukul 11:30 – 13:00
  • Klien mengunjungi loket dan mengisi formulir “Layanan Cetak Sertifikat” yang telah disediakan pada banner yang terletak didepan loket UPT Pengembangan Bahasa Internasional dan mengambil nomer antrian di Admin loket.
  • Klien memilih jenis dokumen “Hardfile” pada formulir layanan.
  • Klien memilih salah satu dari jenis layanan yang diinginkan (cetak sertifikat EPT, cetak sertifikat TBI atau cetak surat keterangan pengganti sertifikat EPT) pada formulir layanan.
  • Klien melengkapi seluruh isian pada formulir layanan dan klik “submit”.
  • Klien menuggu nama dipanggil oleh Admin loket untuk melakukan pengambilan dokumen hasil cetak dan pembayaran secara langsung ke Admin loket.
  • Khusus untuk layanan legalisir hardfile, klien tidak perlu melakukan pengisian formulir layanan. Klien langsung dapat menyerahkan dokumen Salinan sertifikat EPT yang dimaksud dan diserahkan ke Admin loket untuk dilegalisir. Klien menunggu proses legalisir selesai untuk mendapatkan hasil legalisir dan melakukan pembayaran pada Admin loket.

Jenis layanan dokumen softfile adalah layanan cetak dokumen berupa file yang akan klien dapatkan tanpa dating dan mengambil secara langsung ke loket karena file tersebut akan dikirimkan melalui Email.

Alur Layanan

  • Klien mengisi formulir layanan pada link bit.ly/LAYANANCILAD
  • Klien memilih jenis dokumen “Softfile” pada formulir layanan
  • Klien memilih salah satu dari jenis layanan yang diinginkan (cetak sertifikat EPT, cetak sertifikat TBI, legalisir sertifikat EPT atau cetak surat keterangan pengganti sertifikat EPT) pada formulir layanan.
  • Klien melakukan pembayaran melalui transfer ke BANK SYARIAH INDONESIA No. Rek. 9005808830 a.n UPT PBI CILAD dengan kode bank 451 terlebih dahulu.
  • Biaya yang ditransfer sesuai dengan biaya jenis layanan yang diinginkan (detail biaya layanan dapat dicek pada deskripsi formulir layanan)
  • Klien melengkapi seluruh isian pada formulir layanan dan upload bukti bayar pada formulir layanan kemudian klik “submit”.
  •  Admin merekap permintaan yang masuk dari klien
  • Permintaan akan diproses maksimal 3 kali 24 jam kerja hari aktif oleh Admin 
  • Admin mengirim hasil cetak dokumen softfile ke email klien

Biaya Layanan

1.     Hardfile

  1. Cetak sertifikat EPT/ TBI Rp 15.000 @lembar
  2.  Legalisir sertifikat EPT Rp 5.000 (untuk 3 lembar)
  3.  Surat keterangan pengganti sertifikat EPT Rp 15.000 @lembar

2.     Softfile

  1.  Cetak sertifikat EPT/ TBI Rp 15.000 @file
  2.   Legalisir sertifikat EPT tidak berbayar @file
  3.    Surat keterangan pengganti sertifikat EPT Rp 15.000 @file