Tentang Cilad

CILAD
UPT Pengembangan Bahasa Internasional (UPT PBI) atau yang juga dikenal sebagai Center for International Language Development (CILAD) didirikan pada tanggal 21 Mei 2010 yang bertepatan dengan tanggal 7 Jumadil Akhir 1431 H. UPT PBI merupakan salah satu unit di Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) yang dibentuk dengan tujuan untuk membantu mewujudkan Visi dan Misi UNISSULA pada khususnya, dan membantu memfasilitasi seluruh civitas akademika UNISSULA dan masyarakat umum untuk meningkatkan kemampuan penguasaan bahasa internasional.

FILOSOFI BAHASA CILAD

Dalam mewujudkan visi dan misinya, CILAD mengaplikasikan 3 (tiga) filosofi bahasa yaitu bahasa sebagai ilmu, bahasa sebagai jati diri, dan bahasa sebagai industri. Bahasa sebagai ilmu bermakna bahwa bahasa berperan sebagai obyek dalam mengembangkan keilmuan terkait profisiensi dan kemahiran berbahasa. 

Bahasa sebagai jati diri memiliki makna bahwa bahasa dapat dijadikan sebagai penciri CILAD dan UNISSULA melalui internalisasi nilai-nilai khas UNISSULA yaitu Budaya Akademik Islami (BUDAI) yang menjadi jati diri berbagai program dan layanan kebahasaan di CILAD UNISSULA. 

 

Bahasa sebagai industri bermakna bahwa bahasa dapat dijadikan sebagai income generator dan profit center dan sekaligus menjadi daya tarik UNISSULA. Ketiga filosofi tersebut menjadi fondasi kuat dalam setiap pengembangan program dan layanan yang ada di CILAD untuk dapat bersaing dalam menghadapi era disrupsi dengan terus berinovasi dan berkreasi tanpa meninggalkan nilai-nilai Budaya Akademik Islami (BUDAI) UNISSULA.

 

VISI CILAD

Pada tahun 2022, menjadi Language Training Specialist yang unggul, berdaya saing global, dan berbasis teknologi melalui bahasa dan budaya atas dasar Tri Dharma Perguruan Tinggi dan nilai-nilai Islam.

 

MISI CILAD

Membantu dalam pengembangan bahasa dan budaya internasional dengan: 

  1. Memfasilitasi pengembangan dan penguasaan bahasa dan budaya internasional bagi civitas academica di UNISSULA untuk menuju World Class Islamic University.
  2. Mendorong peningkatan publikasi internasional bagi dosen dari aspek bahasa internasional. 
  3. Menjadikan CILAD sebagai pusat bahasa yang berkualitas dan berdaya saing global dengan berbagai program dan produk berbasis teknologi yang diakui di tingkat nasional. 
  4. Menginternalisasikan nilai-nilai Islam dalam berbagai program dan produk CILAD.
  5. Mewujudkan CILAD sebagai Language Training Specialist yang mandiri.