Tutorial TOEFL Reguler

LANDASAN PROGRAM
Landasan Program Tutorial TOEFL (TT) adalah SK Rektor UNISSULA No. 5357/A.1/SA/X/2010, mengenai pemberlakukan standar kompetensi lulusan UNISSULA yaitu skor TOEFL 450.

DESKRIPSI PROGRAM
Program Tutorial TOEFL (TT) adalah program lanjutan wajib setelah mengikuti program Tutorial Bahasa Inggris (TBI). Mahasiswa diharapkan mampu menguasai materi-materi dalam ujian TOEFL dan mencapai skor minimum TOEFL sebesar 450. Mahasiswa yang lulus dalam program ini akan mendapatkan sertifikat TOEFL guna mendaftar sidang dan/atau wisuda. Program TT memiliki serangkaian kegiatan yang akan dijelaskan lebih lanjut pada poin-poin berikut.

PESERTA PROGRAM
Mahasiswa UNISSULA jenjang S1 dan D3 reguler semester 4 (empat) yang berstatus aktif dan telah melakukan registrasi akademik.

ALUR PROGRAM
Insert di sini! (gambar sesuai dengan link yang tersedia)

  1. Mahasiswa dinyatakan lulus pada program Tutorial Bahasa Inggris.
  2. Mahasiswa dinyatakan lulus program TBI mengikuti pretest TT sesuai jadwal.
  3. Bagi mahasiswa yang lulus pada tahapan pretest, mereka bisa langsung mencetak sertifikat TOEFL dan tidak perlu mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar. 
  4. Bagi mahasiswa yang tidak lulus, tidak hadir, atau terlambat datang pada tahapan pretest, mereka secara otomatis terdaftar sebagai peserta Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) TT.
  5. Mahasiswa mengikuti KBM TT yang terdiri dari 14 kali tatap muka sesuai jadwal.
  6. Apabila kehadiran mahasiswa lebih dari atau sama dengan 10 kali tatap muka, mahasiswa tersebut berhak mengikuti posttest dan remedi TT (apabila belum lulus pada posttest).
  7. Apabila kehadiran mahasiswa kurang dari 10 kali tatap muka, mahasiswa tersebut tidak berhak mengikuti posttest dan remedi TT, dan dinyatakan gagal pada program TT.
  8. Mahasiswa yang berhak posttest mengikuti posttest TT sesuai jadwal.
  9. Bagi mahasiswa yang lulus pada tahapan posttest, mereka bisa langsung cetak sertifikat TOEFL
  10. Bagi  mahasiswa yang tidak lulus, tidak hadir, atau terlambat datang pada posttest, mereka secara otomatis terdaftar sebagai peserta  remedi TT.
  11. Mahasiswa yang berhak remedi, mengikuti remedi TT sesuai jadwal.
  12. Apabila mahasiswa lulus pada remedi, maka bisa langsung cetak sertifikat TOEFL.
  13. Apabila mahasiswa tidak lulus, tidak hadir, atau terlambat datang pada remedi, maka mahasiswa dinyatakan gagal pada program TT.
  14. Mahasiswa yang dinyatakan gagal pada program TT, diimbau untuk mengikuti Program TOEFL PREDICTION TEST* atau TUTORIAL TOEFL NON REGULER** untuk memperoleh sertifikat TOEFL guna mendaftar sidang dan/atau wisuda. 

*Informasi TOEFL PREDICTION TEST dapat dilihat pada menu “TES” atau klik tautan berikut s.id/onlytestonline

**Informasi TUTORIAL TOEFL NON REGULER dapat dilihat pada menu “TUTORIAL – NON REGULER” atau klik tautan berikut s.id/ttnronline

SKEMA PROGRAM
Program Tutorial TOEFL (TT) dilaksanakan secara offline atau luar jaringan. Namun, sejak pandemi dan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada 2019-2020 dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada 2021, maka pelaksanaan program dilaksanakan secara online atau dalam jaringan.

FASILITAS PROGRAM
Berikut adalah fasilitas program yang akan didapatkan oleh mahasiswa.

  1. Sistem Informasi Terpusat atau dikenal dengan nama SICILAD. Mahasiswa mendaftar program, cek informasi ujian, cek presensi kbm, unduh kelengkapan pembelajaran, cek nilai, dan unduh sertifikat melalui satu pintu.
  2. 3 kali ujian penentu kelulusan secara serentak, yaitu: pretest (sebelum kegiatan belajar mengajar), posttest (setelah kegiatan belajar mengajar), dan remedi (apabila mahasiswa tidak lulus, tidak hadir, atau terlambat pada posttest).
  3. Kesempatan mengikuti program Beasiswa Advanced TOEFL Preparation yang diselenggarakan CILAD apabila lulus pada pretest.
  4. 14 kali tatap muka dengan 2 kali kuis pada pertemuan ke-7 dan ke-14.
  5. Modul interaktif yang dimutakhirkan secara berkala.
  6. Fitur Augmented Reality (sedang dalam proses pemeliharaan dan pengembangan tingkat lanjut).
  7. Pengajar yang profesional, ramah dan telah melalui proses seleksi ketat berdasarkan kecakapan dan kemampuan berbahasa Inggris yang mumpuni.
  8. Ruang kelas yang nyaman lengkap dengan LCD projector, speaker dan peralatan penunjang kegiatan belajar mengajar (skema luring).
  9. Video pembelajaran dan pembahasan soal yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun (dikembangkan sejak 2019).
  10. Latihan mandiri melalui platform google formulir pada setelah KBM pada hari tersebut berakhir.
  11. Jadwal kegiatan yang sudah dikomunikasikan dengan masing-masing ketua program studi agar tidak tumbukan dengan jadwal universitas dan jadwal program studi tersebut.

 

PELAKSANAAN KBM TT LURING

  1. Presensi dilakukan oleh pengajar melalui SICILAD. Batas keterlambatan untuk presensi  adalah 15 menit.

Catatan. Apabila mahasiswa terlambat, maka tetap diperkenankan mengikuti pembelajaran namun dianggap tidak hadir.

  1. Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dilaksanakan selama 100 menit.
  2. Mahasiswa wajib membawa modul TBI.

Catatan. Apabila modul tidak dibawa, maka mahasiswa tidak diperkenankan mengikuti KBM sampai mahasiswa mendapat modul TBI.

PELAKSANAAN KBM TBI DARING

  1. Presensi dilakukan 2 kali yaitu melalui platform yang telah disediakan pengajar. Batas keterlambatan untuk presensi pertama adalah 20 menit dan presensi kedua sesuai tenggat waktu yang diberikan pengajar.

Catatan. Apabila mahasiswa terlambat, maka tetap diperkenankan mengikuti pembelajaran namun dianggap tidak hadir.

  1. Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dilaksanakan selama 100 menit.
  2. Penggunaan platform video conference pada 8 pertemuan KBM.
  3. Mahasiswa diimbau untuk menonton video pembelajaran yang tersedia pada landing page maksimal sehari sebelum KBM.

Catatan. Video pembelajaran dapat diakses melalui tautan berikut (linknya apa?)

  1. Mahasiswa diimbau mempunyai print-out modul TBI.

Catatan. Pemesanan modul melalui tautan berikut. (linknya apa?)

KETENTUAN NILAI UJIAN & KELULUSAN PROGRAM
Nilai pretest, nilai posttest, dan nilai remedi adalah nilai asli. Mahasiswa dinyatakan lulus pada program Tutorial TOEFL dan dapat cetak sertifikat apabila skor minimal mencapai 450. Kelulusan program akan ditentukan dari Nilai Tertinggi antara nilai pretest, nilai posttest, dan nilai remedi.