RATUSAN PESERTA IKUTI OPENING CEREMONY BEASISWA STUDI BAHASA INTERNASIONAL CILAD UNISSULA 2022

0
226

Semarang, (20/9/22) UPT Pengembangan Bahasa Internasional atau Center for International Language Development (CILAD) UNISSULA selenggarakan Opening Ceremony Program Beasiswa Studi Bahasa Internasional 2022. Program ini merupakan kegiatan pengabdian masyarakat yang rutin dilaksanakan oleh CILAD UNISSULA dalam bentuk beasiswa pembelajaran bahasa internasional secara intensif dan gratis. Pada tahun ini, program ini dibuka melalui 2 jalur yaitu jalur mahasiswa UNISSULA dan jalur umum. Ada 5 bahasa yang ditawarkan pada program ini yaitu bahasa Inggris, bahasa Jepang, bahasa Korea, bahasa Arab dan bahasa Mandarin.

                Antusiasme peserta dalam mengikuti program ini sangat tinggi. Hal ini dapat dilihat dari jumlah pendaftar yang mencapai lebih dari 300. Karena keterbatasan kuota, panitia melaksanakan proses seleksi hingga terpilih 123 peserta penerima Beasiswa Studi Bahasa Internasional CILAD UNISSULA 2022 yang terbagi dalam enam kelas bahasa; bahasa Inggris, bahasa Jepang (2 kelas), bahasa Korea, bahasa Arab dan bahasa Mandarin.

                Pada agenda Opening Ceremony yang berlangsung secara daring, turut hadir Kepala UPT Pemasaran & Kehumasan UNISSULA, Setiawan Widiyoko ST., SH., MSi., MKn. Dalam sambutannya, beliau memaparkan profil UNISSULA sebagai salah satu universitas yang telah terakredirasi Unggul oleh BAN-PT serta berbagai macam program beasiswa yang bisa didaftar oleh calon mahasiswa baru UNISSULA. Kepala CILAD UNISSULA, Mohammad Noor Zuhri, S.Pd., M.Pd. mengungkapkan CILAD UNISSULA juga siap mendukung visi UNISSULA dalam mewujudkan generasi khaira ummah dan birrul walidain melaui dakwah dalam bidang bahasa. Berbagai program pengabdian masyarakat yang telah dilakukan CILAD antara lain; Indoglobal Classroom, Klinik Bahasa, dan Beasiswa Studi Bahasa Internasional. Zuhri menuturkan bahwa penerima program Beasiswa Studi Bahasa Internasional tahun ini memiliki latar belakang yang beragam, seperti ibu rumah tangga, pekerja sosial, dosen dan tentunya mahasiswa.

                Opening Ceremony Beasiswa Studi Bahasa Internasioanal CILAD UNISSULA 2022 ini mengangkat tema “Mastering the Language and Conquer the World” yang menghadirkan narasumber yang juga merupakan salah pengajar bahasa Jepang di CILAD UNISSULA yakni Ihda Rizka Rizalia, S.Pd. Dalam kesempatan ini, Ihda sensei sapaan akrab wanita asal Demak ini, berbagi motivasi dan pengalaman mengenai pentingnya belajar bahasa internasional serta manfaat apa saja yang bisa kita peroleh ketika menguasai bahasa asing. Beliau juga membagikan kisah murid-muridnya yang berasal dari beragam profesi. Peserta juga cukup antusias dalam mengajukan pertanyaan dan berinteraksi langsung dengan narasumber pada sesi diskusi. Rangkaian acara ini berlangsung dari pukul 15.00 hingga 17.30 WIB. Seluruh peserta yang hadir sangat senang dan antusias mengikuti acara ini dari awal hingga akhir.(*ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here