Tutorial Bahasa Inggris (TBI)

Deskripsi

Program Tutorial Bahasa Inggris atau program TBI adalah program tutorial reguler pertama yang wajib diikuti oleh mahasiswa Program Sarjana dan Program Diploma-III reguler yang memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Program ini juga merupakan program prasyarat untuk mengikuti program Tutorial English Proficiency Test atau TEPT yang dilaksanakan pada semester berikutnya.


Alur

Alur program TBI adalah sebagai berikut:

Detail kegiatan tersedia di portal informasi TBI.


Syarat dan Ketentuan Umum

  1. Peserta adalah mahasiswa UNISSULA program sarjana dan program diploma-III reguler yang telah mendaftar program di Sistem Informasi CILAD (sicilad.com).
  2. Peserta yang dimaksud pada poin (1) tidak sedang menerima sanksi dari UNISSULA dan/atau UPT PBI. Apabila peserta berstatus sebagaimana yang telah disebutkan, hak mengikuti tutorial tidak berlaku.
  1. Peserta program TBI mendapatkan maksimal dua kali kesempatan ujian yakni pre-test (sebelum KBM) dan post-test (setelah KBM dan memenuhi persyaratan).
  2. Peserta dinyatakan lulus program apabila nilai mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 60 pada pre-test atau nilai akhir.
  3. Peserta yang nilainya memenuhi KKM dapat mengunduh sertifikat TBI di akun SICILAD masing-masing, dinyatakan telah menyelesaikan program TBI, dan secara otomatis terdaftar program TEPT di semester berikutnya.
  4. Peserta yang nilainya tidak memenuhi KKM pada saat pre-test wajib mengikuti KBM/pembelajaran.
  5. Peserta wajib memenuhi syarat minimal kehadiran KBM/pembelajaran yaitu 10 kali pertemuan sebagai syarat wajib mengikuti post-test.
  6. Peserta yang tidak memenuhi syarat minimal kehadiran KBM/pembelajaran sesuai poin (5) tidak diperbolehkan mengikuti post-test dan dinyatakan gagal pada program TBI.
  7. Nilai akhir adalah akumulasi dari nilai post-test (60%), nilai rata-rata kuis 1 dan 2 (20%), dan nilai kehadiran (20%).
  8. Peserta yang nilai akhirnya tidak mencapai KKM sesuai poin (2) dengan akumulasi sesuai poin (7), maka dinyatakan gagal pada program TBI.
  9. Peserta yang dinyatakan gagal karena terlambat mendaftar program, tidak memenuhi minimal kehadiran KBM/pembelajaran, dan nilai akhir tidak mencapai 60, maka dapat mengikuti program Intensive English Proficiency Test Preparation (IEPT) yang diadakan oleh UPT Pengembangan Bahasa Internasional (CILAD) UNISSULA.
  10. Tidak ada pengulangan program TBI pada semester selanjutnya apabila peserta dinyatakan gagal pada program TBI karena alasan tersebut di poin (8).

Untuk informasi selengkapnya, silakan klik tautan portal informasi TBI di bawah ini.